Google

Selasa, 19 Agustus 2008

K-E-B-E-B-A-S-A-N

KEBEBASAN
Hampir dipastikan, bahwa manusia itu selalu mendabakan kebebasan. Patung Liberty di Mancanegara memberikan kesaksian sepanjang abad berkaitan dengan kata kebebasan. Makna yang sesungguhnya kebebsan itu menjadi akurat, jika seorang-orang memilki koherensi, antara kata dan perbuatan. Kebebasan itu diraih tidak boleh merampas kebebasan orang lain.
Bandar mengundang. Bak gayung bersambut, ketika Bandar ingin menandai hadirnya ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 63, ditemukan karya Inggrid ini. Ambisi itu terpenuhi, apalagi penyunting buku ini menarik nafas kebebasan, dengan melibatkan banyak orang. ternyata terpenuhi. Bukan hanya ambisi saja, namun keinginan membentangkan kebebahasan adalah naluri yang asasi merdeka, yang akurat dan nyata.
Buku ini menkompilasi pendapat banyak orang, tentunya seorang-orang dengan kategori terpilih. Ali Alatas@ Adi Malarangeng@Arswendo Atmowiloto@Budiman Sudjatmiko,MSc.Mphilb@Butet Keartarredjasa @ Yana Yulio. Masih banyak lagi, dan tidak mungkin sebut satu-satu, maklum jumlah manusia yang terpilih itu sekitar 40 orang.
Data buku;
JUDUL: Kebebasan
PENULIS: Ingrid Widjanarko [Penyunting]
PENERBIT: Timpani Publishing. Subsidiary of PT Toko Gunung Agung Tbk. JL,. Kramat Kwitang Kecil No.1 Jakarata 10420. Telepon 021-3912345. http://www.timpanipublishing.com/
ISBN: 978-979-1081-07-8
CETAKAN : Agustus 2007
TEBAL: v + 85 hlm
Sepintas sadapan:

HARAPAN PENULIS
Untuk semua guru di Indonesia, yang telah mengajarkan membaca dan menulis. Semoga kini, kami dapat membaca dan menulis dengan hati. Dan untuk semua nara sumber yang dengan serta merta bersedia memberikan pandangan Kebebasannya. Semoga bermanfaat bagi Indonesia.

“Kebebasan adalah, naluri keberdayaan tanpa batas, dimana hanya nurani budi pekerti yang dapat memilah nilai hakikinya. Itupun jika naluri tidak lebih dahsyat kekuatannya dari nurani
Semua makhluk memilki naluri keberdayaan tanpa batas tapi, tidaklah semua makhluk memiliki nurani budi pekerti. Sehingga bukanlah kebebasan yang harus didahulukan di negeri ini tapi, nurani budi pekerti bangsa negeri ini”
[Inggrid Widjanarko]

Kebebasan adalah, kemampuan untuk mengetahui dan merasakan ketenangan sejati, saat diri dapat berpijak pada kebenaran dan sungguh menikmatinya apapun resikonya
[Ali Alatas,SH]

Kebebasan adalah, ketika seseorang bisa mengatur hidupnya sendiri.
Derajat kebebasan bisa sangat kecil jika pengabdia ada didalam hidupnya.
Tapi itulah hanya harga yang harus dibayar apalagi bagi proses pembelajaran kemaslahatan rakyat”
[Andi Mallaranggeng]

“Kebebasan adalah, tidak melakukan perbuatan yang kita sesali nanti sekaligus, harus berani melakukan perbuatan yang kita kenang ulang nanti,”
[Arswendo Atmowiloto]

Kebebasan adalah cita-cita
Keterbatasn adalah, kenyataan menuju kebebasan
Pilihan yang meluas adalah, kerja dari kebebasan
Dialog adalah, tawar menawar kebebasan
Ketakutan adalah, penjara kebebasan
Ketidakberdayaan adalah, tanda melawan dari kebebasan
Pengorbanan adalah darah bagi kebebasan
Menjadi lebih manusia ditiap waktu adalah proses kebebasan
[Garin Nugroho]

Kebebasan tidak pernah ada
Karena ketika mendapatkan satu kebebasan, pasti akan menghadapi pula ketidak bebasan yang lainnya
Kebebasan hanya ada ketika mati
[Hariman Siregar]

Kebebasan adalah penting dan sangat berarti selama tidak merusak diri dan mengganggu orang lain
[Iwan Fals]

Kebebasan berarti bebas dari kebodohan dan kemiskinan
[Slamet Rahardjo]

dilanjut kemudian: Bandar mengundang semua orang untuk berkata,"KEBEBASAN" melalui komentar blog ini, dan jika tidak keberatan akan kami tampilkan lengkap dengan identitas anda

Tidak ada komentar: